UAS
UAS Pengantar
Bisnis
Nama : Lia Febriani
Nim : 01219028
Prodi : Manajemen B
Nim : 01219028
Prodi : Manajemen B
1.
Dalam mengelola sebuah bisnis, para pebisnis dihadapkan pada lingkungan
internal dan eksternal. Sebutkan berbagai pihak (siapa saja) yang ada pada
lingkungan tersebut dan bagaimana peran mereka?
Jawaban
:
>
Lingkungan Internal :
pihak
yang informal harus berada di internal karena berbeda dengan formal informal
merupakan para pekerja yang bekerja di lingkungan usaha tidak resmi jadi tugas
mereka harus memaksimalkan kebisnisan.
Lingkungan
Internal dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu :
Tenaga
kerja (Man)
Modal
(Money)
Material/bahan
baku (Material)
Peralatan/perlengkapan
produksi (Machine)
Metode
(Methods)
Lingkungan
internal ini biasanya digunakan untuk menentukan Strength(kekuatan) perusahaan,
dan juga mengetahui Weakness (kelemahan) perusahaan.
>
Lingkungan Eksternal :
Pihak
sektor formal harus dalam lingkungan eksternal karena sektor formal adalah para
pekerja yang membutuhkan tingkat pendidikan memadai jadi tugas mereka adalah
bekerja dengan baik dalam bisnis di lingkungan tersebut.
A.
Lingkungan Khusus
-
Konsumen atau pelanggan merupakan kelompok potensial yang mengonsumsi output
atau barang dan jasa yang dihasilkan perusahaan atau organisasi bisnis dan juga
lembaga pemerintahan maupun organisasi nonprofit lainnya.
-
Pemasok, perusahaan atau individu yang menyediakan faktor-faktor produksi yang
dibutuhkan perusahaan untuk memproduksi produk atau jasanya. Pasokan meliputi
penyediaan bahan baku/material, peralatan, input keuangan dan tenaga kerja.
-
Pesaing, meliputi semua tawaran pesaing yang nyata maupun potensial serta
substitusi yang dipertimbangkan oleh pembeli. Biasanya setiap perusahaan
mempunyai satu atau lebih pesaing. Perusahaan perlu lebih memuaskan kebutuhan
dan keinginan konsumen melalui penawaran produk dan jasa yang lebih baik dari
pesaing.
-Kreditor,
Perusahaan perlu memperhatikan kreditor atau kelompok kepentingan tertentu yang
mempengaruhi kegiatan organisasi secara financial.
2.
Lingkungan Umum
-
Kondisi Ekonomi
Tingkat
inflasi, masalah pengangguran, tingkat pertumbuhan pendapatan nasional, keadaan
neraca pembayaran, kondisi pasar saham serta fluktuasi kurs valuta asing dan
suku bunga, secara umum adalah beberapa faktor ekonomi yang mempengaruhi
praktik manajemen dalam aktivitas bisnis.
-
Kondisi Politik dan Hukum
Terdapatnya
kestabilan politik dan kebijakan pemerintah yang sesuai dapat menciptakan
suasana kondusif untuk mengembangkan aktivitas organisasi bisnis di berbagai
bidang.
-
Kondisi Sosial Budaya
Para
manajer perlu memperhatikan adanya perubahan sosial budaya masyarakat khususnya
pola dan tren pasar yang dituju. Manajer perlu menyesuaikan strategi bisnis
terutama pemasarannya dengan kondisi nilai-nilai sosial, kebiasaan, dan selera
konsumen. Sebagai contoh saat ini tren nilai dan selera masyarakat perkotaan
adalah kembali ke alam sehingga perusahaan perlu menyesuaikan strategi
pemasarannya, misalnya dengan membuat produk yang alami tanpa bahan pengawet.
-
Kondisi Demografi
Kondisi
demografi mencakup kebiasaan yang berlaku dalam karakteristik fisik dari
populasi, seperti jenis kelamin, usia, tingkat pendidikan, lokasi geografis,
pendapatan, konsumsi keluarga.
-
Teknologi
Teknologi
merupakan salah satu faktor lingkungan umum yang paling dramatis atau paling
cepat mengalami perubahan. Teknologi pun menjadi salah satu faktor yang
mempengaruhi keputusan manajer terutama dalam hal pengembangan produk. Sebagai
contoh, saat ini dinamika industry ponsel sedang berkembang pesat, kita selalu
mendapat informasi adanya tawaran produk ponsel dengan berbagai fitur dan
manfaat baru dalam waktu yang sangat cepat. Hal ini karena terkait dengan
perkembangan teknologi yang terjadi. Dahulu kita hanya mengenal ponsel
digunakan untuk menelepon saja, namun dalam waktu beberapa tahun belakangan ini
dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat, kita sudah dapat menemukan
ponsel dengan tambahan fitur kamera, video kamera atau bahkan komputer.
-
Globalisasi
Globalisasi
adalah salah satu faktor utama yang mempengaruhi organisasi bisnis. Manajer
dari perusahaan besar maupun kecil yang ada di dalam negeri semakin ditantang
dengan meningkatnya jumlah pesaing sebagai dampak dari adanya pasar global yang
merupakan bagian dari lingkungan eksternal.
2.
Etika bisnis sangat penting bagi kelangsungan dan kelangenggan suatu usaha.
a.
Apakah yang di maksud etika bisnis
b.
apakah yang di maksud Corporate Social Responsibility ( CSR ) dan berilah
contoh penerapannya.
Jawaban!
A.
Etika bisnis merupakan cara untuk melakukan kegiatan bisnis, yang mencakup
seluruh aspek yang berkaitan dengan individu, perusahaan dan juga masyarakat.
Etika Bisnis dalam suatu perusahaan dapat membentuk nilai, norma dan perilaku
karyawan serta pimpinan dalam membangun hubungan yang adil dan sehat dengan
pelanggan/mitra kerja, pemegang saham, masyarakat.
B.
CSR (Corporate Social Responsibility) adalah suatu tindakan atau konsep yang
dilakukan oleh perusahaan (sesuai kemampuan perusahaan tersebut) sebagai bentuk
tanggungjawab mereka terhadap sosial/lingkungan sekitar dimana perusahaan .
Contoh
penerapan : PT Unilever Indonesia
Produsen
produk kebutuhan rumah tangga ini memiliki banyak program CSR melalui
produk-produknya, di antaranya adalah kampanye cuci tangan dengan sabun (Lifebuoy),
pelestarian kuliner nusantara (kecap Bango), dan edukasi kesehatan gigi dan
mulut (Pepsodent).
3.
Bentuk usaha sangat penting bagi legalitas suatu usaha. oleh karena itu suatu
usaha perlu memiliki struktur organisasi untuk memperjelas peran sumberdaya
yang ada.
a.
Sebut dan jelaskan ciri-ciri bentuk usaha!
b.
Gambarkan satu jenis organisasi!
Jawaban!
A.
- ciri - ciri Badan Usaha/Perusahaan Perseorangan atau Individu:
-relatif
mudah didirikan dan juga dibubarkan
-tanggung
jawab tidak terbatas dan bisa melibatkan harta pribadi
-
tidak ada pajak, yang ada adalah pungutan dan retribusi
-
seluruh keuntungan dinikmati sendiri
-sulit
mengatur roda perusahaan karena diatur sendiri
-
Ciri - ciri Badan Usaha/Perusahaan Persekutuan :
a.
Ciri-ciri Firma:
#
Para sekutu aktif di dalam mengelola perusahaan.
#
Tanggung jawab yang tidak terbatas atas segala resiko yang terjadi.
#
Akan berakhir jika salah satu anggota mengundurkan diri atau meninggal dunia.
b.
Ciri-ciri CV sebagai berikut:
*
Sulit untuk menarik modal yang telah disetor.
*
Modal besar karena didirikan banyak pihak.
*Mudah
mendapatkan kridit pinjaman.
*
Ada anggota aktif yang memiliki tanggung jawab tidak terbatas dan ada yang
pasif.
*
Relatif mudah untuk didirikan.
* Kelangsungan
hidup perusahaan cv tidak menentu.
- Ciri
- ciri Perseroan Terbatas / PT / Korporasi / Korporat
>
Kewajiban terbatas pada modal tanpa melibatkan harta pribadi.
>
Modal dan ukuran perusahaan besar.
>
Kelangsungan hidup perusahaan pt ada di tangan pemilik saham.
>
Dapat dipimpin oleh orang yang tidak memiliki bagian saham.
>
Kepemilikan mudah berpindah tangan.
> Mudah
mencari tenaga kerja untuk karyawan/pegawai.
>
Keuntungan dibagikan kepada pemilik modal/saham dalam bentuk dividen.
>
Kekuatan dewan direksi lebih besar daripada kekuatan pemegang saha
>
Sulit untuk membubarkan pt.
>
Pajak berganda pada pajak penghasilan/pph dan pajak deviden.
4.
Kemampuan manajer sangat penting dalam mengelola
operasional perusahaan. ada 3 kemampuan manajer yaitu: Conceptual
skills, Human skills, dan Technical skills. Jelaskan penerapan
kemampuan tersebut.
Jawaban
:
A.
Keterampilan Konseptual (Conceptual Skills)
Keterampilan
Konseptual adalah kemampuan manajer untuk melihat keseluruhan organisasi
sebagai suatu entitas yang lengkap. Keterampilan Konseptual ini meliputi
pemahaman tentang kerjasama setiap unit kerja dalam organisasi beserta
pemahaman tentang ketergantungan satu unit kerja dengan unit kerja lainnya,
perubahan pada suatu unit kerja juga akan mempengaruhi unit kerja atau bagian
lainnya. Keterampilan ini meliputi pemahaman tentang hubungan antar institusi,
industri dan masyarakat serta pemahaman tentang pengaruh faktor-faktor politik,
sosial dan kondisi ekonomi suatu negara terhadap bisnis perusahaannya. Dengan
pemahaman-pemahaman tersebut, seorang manajer tingkat tinggi atau Top
Management dapat memahami kondisi bisnis secara keseluruhan dan mengambil tindakan
yang tepat untuk kesuksesan organisasinya.
B.
Keterampilan Berhubungan dengan Orang lain (Humanity Skills)
Keterampilan
berhubungan dengan Orang lain atau Humanity Skill ini adalah kemampuan manajer
untuk berinteraksi secara efektif dengan anggota organisasinya serta membangun
pemahaman dan usaha kooperatif dalam tim yang dipimpinnya. Keterampilan ini
akan memungkinkan para manajer untuk menjadi pemimpin dan memotivasi
karyawannya untuk mendapatkan prestasi kerja yang lebih baik. Selain itu, para
Manajer juga harus dapat memanfaatkan potensi karyawannya secara efektif di
perusahaan.
Komunikasi
juga merupakan salah satu bagian yang terpenting dalam Keterampilan ini.
Komunikasi yang baik dan efektif akan memberikan dampak positif terhadap karir
manajer yang bersangkutan dan juga dalam pencapain tujuan organisasi.
Keterampilan berhubungan dengan orang lain atau Humanity Skill ini penting bagi
semua tingkatan manajemen di suatu organisasi atau perusahaan. Keterampilan ini
juga disebut sebagai Keterampilan Interpersonal (Antarpribadi) atau Human Skill
(keterampilan kemanusiaan).
C.
Keterampilan Teknis (Technical Skills)
Keterampilan
Teknis ini adalah Kemampuan atau pengetahuan untuk menggunakan teknik tertentu
dalam melaksanakan tugas atau pekerjaan tertentu. Contohnya seperti kemampuan
dan pengetahuan untuk merancang produk, memperbaiki mesin, mengoperasikan
mesin, merakit komputer, membuat program komputer, menyiapkan pembukuan dan
laporan keuangan, menjual produk, menciptakan lagu, memasak makanan dan lain
sebagainya. Keterampilan Teknik ini merupakan keterampilan yang penting bagi
manajer di tingkat pertama namun kurang penting atau tidak wajib untuk dimiliki
oleh manajemen tingkat atas.
5.
Apabila saudara adalah seorang konsultan manajemen dan membantu
merekomendasikan bentuk kepemilikan bisnis apakah yang tepat pada situasi
berikut:
a.
empat orang dokter ingin mendirikan praktek bersama dan masing-masing ingin
memiliki kewajiban yang terbatas
b.
seorang teman ingin membuka toko kelontong miliknya sendiri.
c.
Seorang pengusaha ingin membeli bisnis baja besar
d.
Lia orang teman ingin membangun sebuah komplek apartemen dan sangat memikirkan
tentang tangung jawab terbatas.
Jawaban
:
A.
PERSEROAN COMANDITER (CV)
B.
PERUSAHAAN PERSEORANGAN
C.
PERSEROAN TERBATAS (PT)
D.
PERSEROAN TERBATAS (PT)
6.
Saudara sudah mengamati sebuah bisnis yang erada di lingkungan sekitar tempat
tinggal. jelaskan apakah hasil pengamatan yang menarik dan yang perlu
memperoleh perhatian ( perlu dibantu pengembangannya)?
Jawaban!
-
Yang menarik ialah produk yang sangat terjangkau namun belum dicoba untuk
pengembangannya.
Perlu
di bantu. Karena jika proses produksi, diposting di semua sosmed lebih luas
lagi, di kemas lebih menarik lagi itu bisa jadi sebuah peluang yang sangat
besar pagi usahanya. Bahkan bisa akan terus berkemang dengan baik.
#bangganarotama
#missmanagement
#narotamajaya
#universitasnarotama
#elinanarotama
#kuliahdarirumah
#ujiandarirumah
#thinksmart
Komentar
Posting Komentar